Sabtu, 01 Mei 2010

HARDIKNAS 2010




Hari itu adalah hari Minggu, 25 April 2010 dimana menjadi hari yang menyenangkan bagi puluhan siswa SMAK 5 BPK Penabur. Kenapa? Ya, mereka akan ikut meramaikan perayaan Hari Pendidikan Nasional di bilangan Jakarta Pusat tepatnya di Jalan Thamrin – Sudirman. Perayaan Hari Pendidikan Nasional pada hari itu diikuti oleh kurang lebih 2000 sekolah negeri hingga swasta dari SD hingga SMA. Tema Hardiknas kali ini adalah Budaya Jakarta.


Dimulai dari gedung SMAK 5 Penabur, puluhan siswa sudah berkumpul di lobby SMAK 5 pada pukul 03.30 pagi. Tak lupa, guru guru juga sudah datang untuk mendadani murid SMAK 5 agar terlihat cantik dan tampan. Ada yang menggunakan kebaya, sarung, baju daerah khas Jakarta, baju pencak silat khas Jakarta dan sebagainya. Setelah berdandan ria, murid SMAK 5 bersama guru berangkat menuju bunderan HI pada pukul 05.00 pagi dengan menggunakan bus Penabur.


Jakarta masih sangat sepi sehingga rombongan SMAK 5 dapat sampai ke bunderan HI dalam waktu 30 menit saja. Begitu sampai di Jalan Thamrin, suasana jalan sudah cukup ramai. Banyak puluhan sekolah sudah menyiapkan segalanya mulai dari stand, makanan untuk dijual, spanduk, dan sebagainya. Sebgian guru SMAK 5 sudah mendekorasi stand SMAK 5 yg berukuran 3 m x 2 m itu dari pukul 3 pagi.





Guru-guru SMAK 5 menyiapkan makanan khas Jakarta untuk dijual yaitu bir pletok, akar kelapa, kue pepe, asinan Jakarta dan sebgainya. Juga menyiapkan stand untuk menampilkan karya karya seni murid SMAK 5 dari lukisan, paper art, fotografi dan sebagainya.






Anggota seni tari daerah bersiap siap di belakang stand, mendadani make-up lagi, membenarkan baju daerah dan sebagainya. Lalu, pada pukul 6.00, Jalan Sudirman sudah ditutup dan hanya sepeda yang boleh lewat untuk menyaksikan ribuan sekolah termasuk salah satunys SMAK 5 Penabur beraksi memamerkan budaya Jakarta. Dimulai dari team Seni Vokal yang laki-laki berdandan seperti Kabayan dan yang perempuan menggunakan Kebaya.. tim viokal menyanyikan Medley Lagu daerah Jakarta yaitu Kicir – Kicir, Ondel – Ondel, Sirih Kuning, Surilang dan sebagainya. Team seni vokal sangat bersemangat dalam menyanyikan medley lagu daerah Jakarta dan juga guru – guru SMAK 5 yang ikut menari di jalan Sudirman membuat banyak bikers dan pejalan kaki berhenti sebentar untuk menyaksikannya.




Dilanjutkan dengan team Modern Dance SMAK 5, V Queen (kelas X) beraksi. Mereka menari Modern Dance dengan sangat energik di depan stand. Modern dance SMAK 5 sangat mendpat respon yang baik dari bikers dan pejalan kaki. Banyak dari mereka yang berhenti untuk menyaksikan V Queen. Banyak dari mereka pun yang mengambil momen tersebut menggunakan kamera digital maupun SLR. Sehingga, terjadi kemacetan di depan stand SMAK 5. Setalah aksi V Queen, bikers dan pejalan kaki serta guru SMAK 5 bertepuk tangan riuh memberikan apresiasi pada Modern Dance SMAK 5.




Tak lupa, tim seni tari daerah SMAK 5 yang terdiri dari 2 team. Satu adalah team putri yang menari khas tarian daerah Jakarta dan team putra yang menari tarian silat dari Jakarta. Lagi-lagi, jalanan menjadi macet karena bikers dan pejalan kaki berhenti sebentar untuk menyaksikan team seni tari daerah SMAK 5. Setelah itu, tepuk tangan meriah diberikan bagi team seni daerah SMAK 5.







Perayaan hardiknas begitu juga ramai dengan adanya marching band, panggung artis dan kedatangan Fauzi Bowo. Acara selesai pukul 9 akrena matahari sudah mulai terik. Puluhan murid SMAK 5 diberi kesempatan untuk mengambil foto di bunderan HI dan juga mengakhiri perayaan hardiknas 2010 dengan minum kopi dan makan di Burger King dan Starbucks sarinah thamrin. Setalah itu, bus Penabur kembali menjemput kami dan mengatar pulang dengan selamat kembali ke SMAK5.


Sampai bertemu di Hardiknas 2011!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar